Etnobotani
Kode Mata Kuliah
BI4205
Jumlah SKS
2
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Etnobotani: Pengertian, sejarah dan perkembangannya, etnobotani dalam ilmu biologi, peran etnobotani dalam kehidupan manusia, keberlanjutan ethnobotany dalam perspektif modern | Express |
Dasar-dasar pengetahuan penunjang etnobotani: Struktur & fungsi tumbuhan dan aplikasinya untuk mempelajari Etnobotani; Metode analisis fitokimia untuk menghasilkan metabolit sekunder | Express |
Pengetahuan botani tradisional: Pengenalan tumbuhan hasil didomestikasi, pertanian tradisional, obat, dan kesehatan; Tumbuhan untuk berbagai keperluan penting: bangunan, konstruksi, dan serat; Tumbuhan untuk berbagai keperluan penting lainnya: kosmetik, pewarna, dan lain-lain | Express |
Interaksi manusia dengan tumbuhan (hutan): susbsisten - komersialisasi; tradisional - modern, domestikasi; etnobotani dalam konteks perkotaan | Express |
Konservasi dan Isu-isu lingkungan yang berkembang; Etika dalam etnobotani; paten HKI; bioprospeksi dan biopiracy; isu-isu keberlanjutan; dsb | Express |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mampu melaksanakan kegiatan kerja dalam praktik atau kerja lapangan berdasarkan keahlian dan metodologi dalam kaitannya dengan studi etnobotani. (CPL 02) |
CPMK 2 | Mampu mengembangkan dan menunjukkan apresiasi terhadap pentingnya keanekaragaman dan sumber daya hayati melalui penguatan database jenis-jenis tumbuhan yang memiliki nilai etnobotani. (CPL 06) |
CPMK 3 | Mampu menunjukkan pengetahuan tentang etika, keselamatan, dan isu- isu lingkungan dalam kaitannya dengan etnobotani dalam mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati. (CPL 09) |
CPMK 4 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar tentang etnobotani untuk mendukung pengelolaan sumber daya hayati dari sistem kehidupan. (CPL 11) |
Metode Pembelajaran
- Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok
Modalitas Pembelajaran
- Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman
Metode Penilaian
- Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB