Hidrogeologi Forensik
Kode Mata Kuliah
GL4010
Jumlah SKS
2
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Sistem hidrogeologi pada setiap tipologi akifer-akiklud .Expert Deliniasi dan rekonstruksi rinci sistem akifer-akiklud. hidrologi bawah permukaan dan relasinya dengan kondisi hidrologi permukaan. | |
Analisis dan Interpretasi sistem dan pola aliran airtanah pada setiap tipologi akifer. Delineasi jenis dan sumber pencemar serta pola dan sebaran pencemaran airtanah dan Analisis dan Interpretasi serta kontrol sistem hidrogeologi terhadap fenomena transport zat terlarut. Analisis dan Interpretasi untuk isolasi sumber pencemar atau zat terlarut. | |
Determinasi pola dan sebaran pencemar serta deteksi resiko ketidaknormalan fungsi sistem hidrogeologi. Prinsip - prinsip dan teknologi proteksi, pengendalian, restorasi,remediasi dan konservasi sistem hidrogeologi. Kegiatan manusia dan fenomena alam serta dampaknya terhadap kerusakan sistem hidrogeologi. | |
Kegiatan pemanfaatan airtanah di luar skenario dan dampaknya terhadap kejadian ketidaknormalam fungsi sistem hidrogeologi. Analisis kegagalan pemboran airtanah dan solusi perbaikan. Pemodelan,simulasi dan prediksi sebagai dasar pilihan alternatig model solusi terpilih untuk restorasi sistim hidrogeologi dan naturalisasi fungsi sistem hidrogeologi. | |
Pilihan teknologi untuk restorasi dan perbaikan kondisi sistem aliran airtanah. Pengambilan keputusan dalam proses litigasi atas kegagalan berfungsinya sistem hidrogeologi,pencemaran,dan kegagalan pemboran serta kegagalan produksi airtanah. Penyusunan Dokumen Litigasi Hidrogeologi. |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mahasiswa memahami aplikasi ilmu hidrogeologi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan |
CPMK 2 | Dapat mendeteksi ketidaknormalan alam akuatik, yakni: geofisika, geokimia, elemen mayor, elemen minor, elemen penjejak, isotop lingkungan |
CPMK 3 | Menguasai teknik statistik yakni: analisis time series dan analisis multivariabel |
Metode Pembelajaran
- Knowledge Based Leaning. Problem based learning
Modalitas Pembelajaran
- Luring Daring Sinkron Asinkron
Metode Penilaian
- Tertulis: Uraian Tugas: Laporan