Kebijakan Pertambangan
Kode Mata Kuliah
TA3207
Jumlah SKS
2
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Perkembangan pertambangan di Indonesia: Sejarah perkembangan industri pertambangan mulai dari jaman penjajahan Belanda-sekarang | Explore |
Perkembangan peraturan di bidang pertambangan: Perkembangan peraturan perundangan di bidang pertambangan | Explore |
Pengelolaan sumberdaya mineral: Peralihan peraturan perundang- undangan dalam pengelolaan sumberdaya mineral. | Explore |
Pengelolaan sumberdaya mineral: Peralihan peraturan perundang- undangan dalam pengelolaan sumberdaya mineral. | Explore |
Pengelolaan sumberdaya mineral: Pengelolaan pertambangan berdasarkan UU No.4/2009 | Explore |
Pengelolaan sumberdaya mineral: Pengelolaan pertambangan berdasarkan UU No.4/2009 | Explore |
Pengelolaan sumberdaya mineral: Pertambangan dan otonomi daerah | Explore |
UTS | Explore |
Perpajakan sumberdaya mineral | Explore |
Perpajakan sumberdaya mineral: Jenis-jenis pajak di sektor pertambangan, oyalti | Explore |
Kebijakan pertambangan di dunia: Studi kasus kebijakan pertambangan di negara lain. | Explore |
Isu penting di bidang pertambangan: Kebijakan dalam konservasi sumberdaya mineral | Explore |
Isu penting di bidang pertambangan: Kebijakan nilai tambah dalam industri pertambangan | Explore |
Isu penting di bidang pertambangan: Kebijakan domestic market obligation | Explore |
Isu penting di bidang pertambangan: Kebijakan lintas sektoral | Explore |
UAS | Explore |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mahasiswa mampu menginterpretasikan undang-undang pertambangan dan peraturan perundang-undangannya. |
CPMK 2 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis izin pertambangan berdasarkan jenis kegiatan dan berbagai kategori komoditas mineral dan batubara |
CPMK 3 | Mahasiswa mampu menganalisis berbagai kondisi pengelolaan dan pengoperasian mineral dan batubara. |
CPMK 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan penyebab timbulnya permasalahan nonteknis dalam pengelolaan dan pengoperasian tambang |
Metode Pembelajaran
- Kuliah
Modalitas Pembelajaran
- Luring Sinkron
Metode Penilaian
- UAS, UTS, Tugas