Pengembangan Lapangan Panas Bumi
Kode Mata Kuliah
TM4017
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Nenny Miryani Saptadji, Teknik Panas Bumi, , ITB, 2001 | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mampu mengidentifikasi berbagai sumber data dan ketidakpastian terkait pengembangan lapangan panas bumi Mampu menerapkan solusi analitis atau numerik yang tepat untuk mengevaluasi permasalahan teknis operasi lapangan panas bumi Mampu mengintegrasikan aspek bawah permukaan dan permukaan dalam optimalisasi perolehan fluida dan injeksi fluida bawah permukaan pada lapangan panas bumi |
CPMK 2 | Mampu mengidentifikasi komponen teknis dari sistem teknik panas bumi Mampu merancang sistem, komponen, atau proses rekayasa lapangan panas bumi Mampu mengoptimalkan sistem rekayasa perminyakan dengan mempertimbangkan faktor kesehatan, keselamatan, lingkungan, dan ekonomi pada pengembangan lapangan panas bumi |
CPMK 3 | Mampu mengambil inisiatif untuk memenuhi kebutuhan tim dan menjaga serta menghormati satu sama lain Menciptakan lingkungan di mana perspektif dan masukan setiap anggota tim didengarkan dan dihormati Mampu membuat dan menerapkan protokol yang bisa diterapkan untuk berkomunikasi di luar kelas sebagai sebuah tim Berkolaborasi untuk membuat rencana proyek yang realistis dan terdokumentasi untuk menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan mencapai tujuan |
CPMK 4 | Memperoleh pengetahuan baru berdasarkan berbagai sumber pada lapangan panas bumi Menerapkan pengetahuan baru untuk memecahkan masalah Teknik pengembangan lapangan panas bumi yang relevan sesuai kebutuhan |
Metode Pembelajaran
- Diskusi Kelompok Pembelajaran Berbasis Masalah Diskusi Seminar dan Presentasi Studi Kasus
Modalitas Pembelajaran
- Luring Asinkron Mandiri Kelompok
Metode Penilaian
- Kuis Tugas Ujian Tengah Semester Ujian Akhir Semester