Pengantar Pemodelan Ekosistem Laut
Kode Mata Kuliah
OS3014
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Pendahuluan: -Konsep model: fisik vs biologi -Desain dan konsep model ekosistem laut -Pendekatan model: prognostik vs diagnostik, individual vs kompartemen, eulerian vs lagrangian, empirical vs mekanistik, dan steady-state vs time-dependent | Explore |
Pertumbuhan fitoplankton: -Formulasi matematis pertumbuhan fitoplankton dan solusi analitiknya -Pendekatan numerik pertumbuhan fitoplankton -Faktor yang memengaruhi pertumbuhan fitoplankton -Laju pertumbuhan: temperature-dependent, light-limited, nutrient-limited -Kompetisi fitoplankton - Tilman | Express |
Source dan sinks untuk fitoplankton dan zooplankton: -Sinks untuk fitoplankton -Formulasi matematis untuk zooplankton -Grazing: fungsi matematis, faktor pengontrol -Interaksi fito-zooplankton -Kompartemen model dan kekekalan massa | Expert |
Model ekosistem sederhana: -Model tipe NPZD (nutrient, phytoplankton, zooplankton, detritus) -Model dengan siklus C (karbon), N (nitrogen), P (fosforus) -The Fasham-Ducklow-McKelvie (FDM)-Model -Persamaan diferensial parsial dalam model ekosistem -Diskritisasi vertikal | Expert |
Aplikasi model ekosistem: -Model kompartemen/Eulerian dan Individual Based (IBM)/Lagrangian -Model siklus hidup fitoplankton, zooplankton -Model kopel IBM-kompartemen -Model ekosistem global | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Memahami konsep model ekosistem dan contoh aplikasinya dalam bidang kelautan. |
CPMK 2 | Mampu membangun model ekosistem laut sederhana. |
Metode Pembelajaran
- LCL: KBL, SBL SCL: PBL
Modalitas Pembelajaran
- Luring, Daring, Sinkron, Asinkron
Metode Penilaian
- Tertulis: Uraian Lisan: Presentasi Tugas: Laporan, Praktik