Oseanografi Pantai
Kode Mata Kuliah
OS3002
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Pengantar Oseanografi Perairan Pantai: Ruang Lingkup dan Arti Penting Kajian Oseanografi pada Perairan Pantai | Explore |
Fenomena Pasang Surut Pada Perairan Pantai : -Analisis Permasalahan dan Spesifikasi -Penyusunan algoritma dan Diagram Alir -Penyusunan Program (Kode Komputer) -Eksekusi dan Ujicoba Program -Pemeliharaan Program | Express |
Fenomena Ombak Pada Perairan Pantai : -Struktur Program berbahasa Fortran -Logika Pemrograman, Persamaan & Pertaksamaan -Pengelolaan input &output dengan format -Pengulangan/ Iterasi Perintah -Matriks (array) dan Operasi matriks -Pengelolaan Arsip, subrutine dann fungsi | Express |
Sirkulasi Horisontal Pada Perairan Pantai : -Konversi konduktivitas menjadi Salinitas -Konversi Salinitas menjadi konduktivitas -Perhitungan Anomali Volume Spesifik dan Anomali Densitas Air Laut -Konversi Tekanan menjadi Kedalaman -Perhitungan Suhu Titik Beku Air Laut -Perhitungan laju proses adiabatik (Adiabatic Lapse Rate) Air Laut -Perhitungan Suhu Potensial -Perhitungan Kecepatan Suara di Air Laut | Expert |
Arus Vertikal (Upwelling) Perairan Pantai : -Konversi konduktivitas menjadi Salinitas | Expert |
Fenomena Percampuran dan Pertukaran di Perairan Teluk : -Konversi konduktivitas menjadi Salinitas | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mahasiswa dapat membedakan karakteristik fisik perairan pantai dengan perairan laut lepas. |
CPMK 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme terjadinya pasang surut serta faktor-faktor yang mempengaruhinya di perairan pantai |
CPMK 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik gelombang laut, proses terbentuknya gelombang, serta pengaruh gelombang terhadap morfologi pantai, sedimentasi, dan konstruksi pantai. |
CPMK 4 | Mahasiswa dapat menjelaskan pola sirkulasi horizontal dan vertikal di perairan pantai |
CPMK 5 | Mahasiswa dapat menjelaskan proses percampuran dan pertukaran massa di perairan Pantai |
Metode Pembelajaran
- LCL: KBL, SBL SCL: RBL
Modalitas Pembelajaran
- Luring, Sinkron
Metode Penilaian
- Tertulis: Pilihan, Uraian Lisan: Presentasi Tugas: Laporan, Praktik