pattern

Perancangan Sistem Jasa

Kode Mata Kuliah

MR4031

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Pemahaman konsep dan prinsip perancangan sistem jasaExplore
Konsep mutu jasa RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Emphat, Responsiveness)Explore
Model mutu KANOExplore
Pemetaan customer journey dalam sistem jasa berbasis metode service blueprintExplore
Inovasi eksploitasi sistem jasaExplore
Inovasi eksploratif sistem jasaExplore
Pengembangan rencana manajemen perubahan sistem jasaExplore
Produk-Service SystemExplore

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar dan prinsip perancangan sistem jasa yang diajarkan dalam kasus-kasus nyata industri.
CPMK 2Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip perancangan sistem jasa
CPMK 3Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan prinsip penentuan mutu sistem jasa berbasis model mutu Parasuraman dan KANO serta mampu menganalisa atribut mutu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sistem jasa.
CPMK 4Mahasiswa mampu memahami konsep costumer journey dalam sistem jasa dan mampu menerapkan analisa permasalahan dan peluang usaha dalam melakukan perbaikan atau inovasi sistem jasa dengan memanfaatkan metode customer journey berbasis metode service blueprint
CPMK 5Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip inovasi eksploitasi sistem jasa berbasis permasalahan sistem jasa serta mampu menganalisa dan mendesain eksploitasi sistem sistem jasa.
CPMK 6Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip inovasi eksploratif sistem jasa berbasis permasalahan dan peluang usaha serta mampu menganalisa dan mendesain eksploratif sistem jasa.
CPMK 7Mahasiswa mampu menyiapkan analisa kelayakan perubahan sistem jasa
CPMK 8Mahasiswa mampu memahami manajemen perubahan sistem jasa dan mampu mengembangkan rencana manajemen perubahan sistem jasa
CPMK 9Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip Product-Service System (PSS) dan mampu menganalisa model bisnis, customer journey, dan menentukan indikator kinerja sistem jasa yang relevan dengan kebutuhan penerapan PSS

Metode Pembelajaran

  • Ceramah dan diskusi; Tugas terstruktur/latihan soal; Studi kasus; Responsi

Modalitas Pembelajaran

  • Luring; Daring Asinkron

Metode Penilaian

  • Kuis; UTS; UAS; Tugas