pattern

Monolit, Instalasi, dan Spasial

Kode Mata Kuliah

SR2121

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Memahami konsep "monolit" yang tidak hanya mengacu pada objek atau struktur yang besar, solid, dan seringkali terbuat dari satu bahan atau bagian yang utuh. Namun juga mengeksplorasi konsep-konsep modern, baik dari segi bahan, bentuk, maupun makna.Explore
Memahami metode penggabungan berbagai elemen fisik dan non-fisik yang melibatkan ruang secara tiga dimensi untuk menciptakan pengalaman yang menyeluruh.Explore
Pemahaman spasial dalam karya seni rupa tiga dimensi melibatkan eksplorasi mendalam tentang bagaimana ruang digunakan, dirasakan, dan dialamiExplore
eksplorasi berbagai jenis medium yang dapat digunakan untuk menjabarkan pengalaman medium, ruang dan instalasiExpress
Menciptakan karya seni berdasarkan pemahaman monolit, instalasli dan spasialExpert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Memahami monolit, instalasi, dan spasial sebagai gubahan seni.
CPMK 2Memahami medium yang digunakan sebagai salah satu medium seni
CPMK 3Memahami sejarah dan perkembangan karya seni tiga dimensi secara multi perspektif dan interdisiplin.
CPMK 4Mengonsepsikan persoalan monolit, instalasi, dan spasial dalam karya serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial
CPMK 5Menulis laporan rencana dan perkembangan penciptaan karya secara kritis melalui analisis studi kasus sejumlah referensi karya terkait.
CPMK 6Menciptakan karya seni menggunakan pemahaman monolit, instalasi, dan spasial secara kritis

Metode Pembelajaran

  • 1. Ceramah 2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 3. Simulasi 4. Demonstrasi 5. Studi kasus 6. Studi lapangan 7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok 8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas 9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. 10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut.

Modalitas Pembelajaran

  • Tatap muka / Daring / Bauran Sinkron / Asinkron Individu Mandiri / Terbimbing

Metode Penilaian

  • Absensi (10%), UTS berupa penulisan makalah (40%), UAS presentasi kelompok (50%)