pattern

Ruang dan Eksperimen Kreatif (B)

Kode Mata Kuliah

DI4009

Jumlah SKS

4

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
"Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (Everyday Spatial) (Pertemuan 1 - 4)"Explore
"Sifat kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration) (Pertemuan 5 - 7)"Explore
"Pengembangan dan eksperimen desain dengan pendekatan UX dan narasi spasial (Pertemuan 9 - 11)"Explore
"Fabrikasi dengan 3D printing dan Simulasi dengan generated AI (Pertemuan 12 & 14)"Explore

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mampu berpikir logis sekaligus intuitif dalam mengidentifikasi interioritas spasial keseharian (materiil dan imateriil).
CPMK 2Mampu mengaktivasi kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration).
CPMK 3"Mampu bereksperimen desain dengan berbagai pendekatan non-konvensional l yang menghasilkan solusi desain permasalahan manusia dan ruang (wicked problem). "
CPMK 4Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran.

Metode Pembelajaran

  • Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Collaborative Learning Team-Based Project Studi Kasus

Modalitas Pembelajaran

  • Hybrid "Sinkronik dilaksanakan 90% dari seluruh proses kuliah yang bersifat kuliah praktek di studio. Proses design critics / design consultation dilaksanakan secara tatap muka / person to person untuk menjamin seluruh komponen desain dikonsultasikan secara lengkap. Asinkron dilaksanakan bagi sesi latihan mandiri yang dibantu melalui penggunaan Memanfaatkan Learning Management System/Open Online Courses (Edunex, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapps Group)"

Metode Penilaian

  • "(1) Tugas 1 (Individual): Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (2) Tugas 2 (Group): Eksperimen kreatif solusi interioritas spasial keseharian (3) UTS: Proposal Eksperimen kreatif (4) UAS: Eksibisi Desain (offline / online)"