Ruang dan Eksperimen Kreatif (B)
Kode Mata Kuliah
DI4009
Jumlah SKS
4
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
"Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (Everyday Spatial) (Pertemuan 1 - 4)" | Explore |
"Sifat kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration) (Pertemuan 5 - 7)" | Explore |
"Pengembangan dan eksperimen desain dengan pendekatan UX dan narasi spasial (Pertemuan 9 - 11)" | Explore |
"Fabrikasi dengan 3D printing dan Simulasi dengan generated AI (Pertemuan 12 & 14)" | Explore |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mampu berpikir logis sekaligus intuitif dalam mengidentifikasi interioritas spasial keseharian (materiil dan imateriil). |
CPMK 2 | Mampu mengaktivasi kombinatorial berpikir kreatif (Concept Mapping, Concept Blending, Concept Integration). |
CPMK 3 | "Mampu bereksperimen desain dengan berbagai pendekatan non-konvensional l yang menghasilkan solusi desain permasalahan manusia dan ruang (wicked problem). " |
CPMK 4 | Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran. |
Metode Pembelajaran
- Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Collaborative Learning Team-Based Project Studi Kasus
Modalitas Pembelajaran
- Hybrid "Sinkronik dilaksanakan 90% dari seluruh proses kuliah yang bersifat kuliah praktek di studio. Proses design critics / design consultation dilaksanakan secara tatap muka / person to person untuk menjamin seluruh komponen desain dikonsultasikan secara lengkap. Asinkron dilaksanakan bagi sesi latihan mandiri yang dibantu melalui penggunaan Memanfaatkan Learning Management System/Open Online Courses (Edunex, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapps Group)"
Metode Penilaian
- "(1) Tugas 1 (Individual): Membingkai ulang interioritas spasial keseharian (2) Tugas 2 (Group): Eksperimen kreatif solusi interioritas spasial keseharian (3) UTS: Proposal Eksperimen kreatif (4) UAS: Eksibisi Desain (offline / online)"