Desain Konseptual
Kode Mata Kuliah
DP3113
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Kebutuhan dan Isu Masa Depan: 1. Analisis kebutuhan manusia di masa depan 2. Identifikasi isu-isu global yang mempengaruhi desain | Explore |
Tren Desain Masa Depan: 1. Studi tren desain masa depan berdasarkan data dan penelitian 2. Inovasi dan gagasan baru dalam perancangan desain | Explore |
Desain Spekulatif: 1. Konsep dan pendekatan dalam desain spekulatif 2. Studi kasus desain spekulatif yang berhasil | Explore |
Metodologi Perancangan untuk Masa Depan: 1. Metode penelitian dan analisis untuk memahami tren dan kebutuhan masa depan 2. Proses kreatif dalam merancang konsep desain inovatif | Express |
Presentasi dan Dokumentasi Desain Konseptual | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mampu menguraikan konsep-konsep dasar terkait kebutuhan manusia di masa depan (Dimensi 2.1 Describe) |
CPMK 2 | Mampu menganalisis persoalan-persoalan yang kemungkinan terjadi di masa depan (Dimensi 2.5 Assess) |
CPMK 3 | CPMK 1.3: Mampu mengkaji tren desain masa depan berdasarkan penelitian dan data yang relevan (Dimensi 2.4 Explain) |
CPMK 4 | Mampu merancang desain spekulatif yang inovatif untuk masa depan (Dimensi 2.6 Plan) |
CPMK 5 | Mampu menyusun konsep desain baru yang relevan dengan tren masa depan (Dimensi 2.3 Apply) |
CPMK 6 | Mampu mempresentasikan hasil rancangan konsep desain masa depan secara visual, verbal, dan tekstual (Dimensi 2.4 Explain) |
CPMK 7 | CPMK 3.1: Mampu melakukan kegiatan studi lapangan sebagai bagian dari praktikum untuk mengaplikasikan teori ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan) |
CPMK 8 | CPMK 3.2: Mampu mewujudkan gagasan hasil rancangan dan konsep ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan) |
Metode Pembelajaran
- (1) Pemaparan Teori: Dosen memberikan penjelasan teori menggunakan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan. (2) Diskusi: Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk bertukar pandangan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. (3) Studi Lapangan: Mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mengamati tren desain dan kebutuhan masa depan secara langsung. (4) Praktikum: Mahasiswa melakukan praktikum untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam bentuk sketsa dan model. (5) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas.
Modalitas Pembelajaran
- Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi. Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning.
Metode Penilaian
- (1) Kehadiran & partisipasi: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) (2) Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (30%). (3) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (30%). (4) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%).