pattern

Desain Konseptual

Kode Mata Kuliah

DP3113

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Kebutuhan dan Isu Masa Depan: 1. Analisis kebutuhan manusia di masa depan 2. Identifikasi isu-isu global yang mempengaruhi desainExplore
Tren Desain Masa Depan: 1. Studi tren desain masa depan berdasarkan data dan penelitian 2. Inovasi dan gagasan baru dalam perancangan desainExplore
Desain Spekulatif: 1. Konsep dan pendekatan dalam desain spekulatif 2. Studi kasus desain spekulatif yang berhasilExplore
Metodologi Perancangan untuk Masa Depan: 1. Metode penelitian dan analisis untuk memahami tren dan kebutuhan masa depan 2. Proses kreatif dalam merancang konsep desain inovatifExpress
Presentasi dan Dokumentasi Desain KonseptualExpert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mampu menguraikan konsep-konsep dasar terkait kebutuhan manusia di masa depan (Dimensi 2.1 Describe)
CPMK 2Mampu menganalisis persoalan-persoalan yang kemungkinan terjadi di masa depan (Dimensi 2.5 Assess)
CPMK 3CPMK 1.3: Mampu mengkaji tren desain masa depan berdasarkan penelitian dan data yang relevan (Dimensi 2.4 Explain)
CPMK 4Mampu merancang desain spekulatif yang inovatif untuk masa depan (Dimensi 2.6 Plan)
CPMK 5Mampu menyusun konsep desain baru yang relevan dengan tren masa depan (Dimensi 2.3 Apply)
CPMK 6Mampu mempresentasikan hasil rancangan konsep desain masa depan secara visual, verbal, dan tekstual (Dimensi 2.4 Explain)
CPMK 7CPMK 3.1: Mampu melakukan kegiatan studi lapangan sebagai bagian dari praktikum untuk mengaplikasikan teori ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan)
CPMK 8CPMK 3.2: Mampu mewujudkan gagasan hasil rancangan dan konsep ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan)

Metode Pembelajaran

  • (1) Pemaparan Teori: Dosen memberikan penjelasan teori menggunakan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan. (2) Diskusi: Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk bertukar pandangan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. (3) Studi Lapangan: Mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mengamati tren desain dan kebutuhan masa depan secara langsung. (4) Praktikum: Mahasiswa melakukan praktikum untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam bentuk sketsa dan model. (5) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas.

Modalitas Pembelajaran

  • Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi. Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning.

Metode Penilaian

  • (1) Kehadiran & partisipasi: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) (2) Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (30%). (3) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (30%). (4) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%).