pattern

Strategi Desain

Kode Mata Kuliah

DP3133

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Understanding the Fundamentals: Design Strategy, Creative Management and Human-Centered DesignExplore
SD Sprint: Brand & Service Design, Foresight, and Strategic Planning: (a) Defining product and service (b) Understanding brand and marketing strategy (c) Exploring competitive edge through IPR (d) Identifying strategic planningExplore
Strategic Thinking and Practice in Design: (a) Aligning design strategy with business goal (b) Identifying and addressing user needs (c) Analyzing trends and competitive strategies (d) Developing unique value propositions Evaluating the impact of design strategiesExpress

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mahasiswa dapat mengembangkan rancangan strategi pengembangan desain yang relevan dan inovatif, baik dalam bentuk produk, sistem, layanan atau pengalaman: 1.1. Mampu menguraikan permasalahan kebutuhan pengguna menggunakan pendekatan strategi desain (dimensi 2.1 describe) 1.2. Mampu mendefinisikan konteks permasalahan kebutuhan pengguna secara stratejik (dimensi 2.2 interpret) 1.3. Mampu melakukan studi eksperimentatif terhadap aktivitas dan perilaku pengguna secara sistematis (dimensi 2.3 experiment) 1.4. Mampu mengkaji solusi desain berdasarkan hasil kajian stratejik atas aktivitas dan perilaku pengguna (dimensi 2.5 assess)
CPMK 2Mahasiswa dapat menyusun dan menyajikan informasi kajian stratejik pengembangan produk dan/atau layanan dalam bentuk tulisan (textual), lisan (verbal), dan visual: 2.1. Mampu menyampaikan informasi hasil kajian stratejik desain secara tertulis (textual) dengan baik (dimensi 2.4 explain) 2.2. Mampu menyampaikan argumen dan jawaban lisan atas pertanyaan dengan baik (dimensi 2.4 explain) 2.3. Mampu menyajikan proses dan hasil pengembangan solusi desain stratejik dikerjakannya menggunakan media visual dengan baik (dimensi 2.4 explain)
CPMK 3Mahasiswa dapat bekerja bersama-sama dalam kelompok untuk mengembangkan rancangan desain produk dan/atau layanan stratejik secara mandiri dan bertanggungjawab (dimensi 2.6 plan)

Metode Pembelajaran

  • 50% Pembelajaran kelas (classroom) dan 50% Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) berbasis kasus (case-based)

Modalitas Pembelajaran

  • 50% luring dan 50% bauran/hybrid

Metode Penilaian

  • Kehadiran. 5% Partisipasi. 5% Tugas (1 buah) 40% Ujian Tengah Semester. 20% Ujian Akhir Semester 30%