pattern

Berpikir Desain dan Inovasi I

Kode Mata Kuliah

DP3222

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013Explore
Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010Explore
Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009Expert
IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009Expert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mampu menerapkan berbagai metode kajian obyek desain berbasis pendekatan semantika produk secara sistematis (2.3 Experiment)
CPMK 2Mampu menyampaikan hasil kajian obyek desain menggunakan media visual dengan baik (dimensi 2.4 Explain)
CPMK 3Mampu mengkaji dan menyesuaikan penyampaian gagasan, konsep, dan/atau hasil kajian obyek desain secara verbal dengan baik (dimensi 2.5 Assess)
CPMK 4Mampu menyusun hasil kajian semantika produk secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (dimensi 2.6 Plan)
CPMK 5Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri (dimensi 2.5 Assess)
CPMK 6Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggungjawab (dimensi 2.6 Plan)

Metode Pembelajaran

  • Role Play & Simulation, Discovery Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project-based Learning

Modalitas Pembelajaran

  • Case method, team-based project; luring, kelompok; kuliah, responsi, tutorial dan praktik lapangan

Metode Penilaian

  • 10% Kehadiran 30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi) 20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi) 40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi)