Berpikir Desain dan Inovasi I
Kode Mata Kuliah
DP3222
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013 | Explore |
Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010 | Explore |
Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009 | Expert |
IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009 | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mampu menerapkan berbagai metode kajian obyek desain berbasis pendekatan semantika produk secara sistematis (2.3 Experiment) |
CPMK 2 | Mampu menyampaikan hasil kajian obyek desain menggunakan media visual dengan baik (dimensi 2.4 Explain) |
CPMK 3 | Mampu mengkaji dan menyesuaikan penyampaian gagasan, konsep, dan/atau hasil kajian obyek desain secara verbal dengan baik (dimensi 2.5 Assess) |
CPMK 4 | Mampu menyusun hasil kajian semantika produk secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (dimensi 2.6 Plan) |
CPMK 5 | Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri (dimensi 2.5 Assess) |
CPMK 6 | Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggungjawab (dimensi 2.6 Plan) |
Metode Pembelajaran
- Role Play & Simulation, Discovery Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project-based Learning
Modalitas Pembelajaran
- Case method, team-based project; luring, kelompok; kuliah, responsi, tutorial dan praktik lapangan
Metode Penilaian
- 10% Kehadiran 30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi) 20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi) 40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi)