pattern

Projek Lintas Disiplin

Kode Mata Kuliah

DP3224

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Design Thinking sebagai Landasan Kerja Lintas DisiplinExpress
Identifikasi Isu, Perumusan Masalah, dan Riset Pendahuluan (Emphatize)Express
Pengembangan Konsep dan Gagasan Solutif (Define)Express
Eksplorasi Solusi dan Implementasi (Ideate)Express
Pembuatan Prototip/Model (Prototype)Express
Pengujian dan Evaluasi (Test and Iteration)Express

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mahasiswa dapat mengembangkan solusi desain yang relevan dan inovatif: 1.1. Mampu menerapkan prinsip dan metode design thinking dengan baik, untuk memahami permasalahan dan mengenali kebutuhan pengguna (dimensi 4.1 appropriate use) 1.2. Mampu menyintesa dan mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai disiplin keilmuan untuk mengembangkan solusi desain yang holistik dan inovatif. (dimensi 4.2 execute) 1.3. Mampu melakukan evaluasi atas dampak/pengaruh dan keefektifan solusi desain yang dihasilkan secara sistematis (dimensi 4.3 construct) 1.4. Mampu melakukan refleksi atas proses dan solusi desain yang dihasilkan (dimensi 4.4 achieve)
CPMK 2Mahasiswa dapat menyampaikan informasi desain kepada audiens secara efektif dan persuasif: 2.1. Mampu mengomunikasikan hasil proses identifikasi, analisis, dan sintesa data dalam bentuk lisan dan tulisan dengan baik (dimensi 3.6 compose) 2.2. Mampu menyajikan proses studi, hasil pengembangan dan evaluasi atas solusi desain dalam bentuk visual dengan baik (dimensi 3.6 compose)
CPMK 3Mahasiswa dapat berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan desain nyata (riil) secara bersama-sama: 3.1. Mampu merancang dan mengarahkan proses diskusi kelompok secara aktif (dimensi 4.3 construct) 3.2. Mampu melaksanakan tugas kelompok secara bertanggungjawab (dimensi 4.4 action)

Metode Pembelajaran

  • 20% Pembelajaran kelas (classroom) dan 80% Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) berbasis tugas kelompok (team-based)

Modalitas Pembelajaran

  • 20% luring dan 50% bauran/hybrid

Metode Penilaian

  • Kehadiran. 5% Partisipasi. 5% Tugas (1 buah) 50% Ujian Tengah Semester. 20% Ujian Akhir Semester 20%