Desain Biomimikri
Kode Mata Kuliah
DP3243
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
C
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Pendahuluan Biomimikri Definisi dan sejarah biomimikri. Prinsip-prinsip dasar biomimikri. Pentingnya biomimikri dalam desain dan inovasi. | Explore |
Biologi untuk Desainer: Pengantar biologi yang relevan bagi desainer. Penelitian tentang bagaimana organisme dan ekosistem alam memecahkan masalah. | Explore |
Studi Kasus dan Contoh Aplikasi Biomimikri Analisis studi kasus dari berbagai pihak yang telah berhasil mengimplementasikan biomimikri. Aplikasi biomimikri dalam desain, arsitektur, produk industri, teknologi, kesehatan, dan lain-lain. | Explore |
Metodologi Biomimikri Pendekatan sistematis untuk mengamati, memahami, dan menerapkan prinsip-prinsip alam dalam desain. Langkah-langkah proses desain biomimikri: menemukan inspirasi alam, mengidentifikasi prinsip desain, dan mengimplementasikan dalam solusi desain. | Explore |
Observasi dan Inspirasi Alam: Kegiatan lapangan untuk mengamati alam dan mencari inspirasi desain. | Express |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | (Factual Knowledge - Remember): Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang biologi yang relevan untuk desain, termasuk cara organisme dan ekosistem memecahkan masalah. (Describe 2.1) |
CPMK 2 | (Conceptual Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu mengaplikasikan metodologi sistematis biomimikri dalam proses desain, termasuk menemukan inspirasi alam dan mengidentifikasi prinsip desain yang dapat diterapkan. (Experiment 2.3) |
CPMK 3 | (Procedural Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu melakukan observasi alam untuk mencari inspirasi desain dan mendokumentasikan temuan dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat. (Calculate 3.3) |
CPMK 4 | (Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa dapat mengembangkan prototipe desain biomimikri, menguji efektivitasnya, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil pengujian. (Compose 3.6) |
CPMK 5 | (Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan menyempurnakan proyek desain biomimikri yang nyata, baik secara individual maupun dalam kelompok. (Plan 2.6) |
CPMK 6 | (Conceptual Knowledge - Evaluate): Mahasiswa mampu menyusun laporan dan presentasi proyek akhir secara profesional, serta menerima dan memberikan umpan balik konstruktif. (Conclude 3.5) |
Metode Pembelajaran
- Kombinasi ceramah, diskusi, observasi dan proyek berbasis kelompok
Modalitas Pembelajaran
- Bauran, sinkron, dan asinkron
Metode Penilaian
- Kehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%). Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%). Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (25%). Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (25%).