pattern

Desain Biomimikri

Kode Mata Kuliah

DP3243

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

C

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Pendahuluan Biomimikri Definisi dan sejarah biomimikri. Prinsip-prinsip dasar biomimikri. Pentingnya biomimikri dalam desain dan inovasi.Explore
Biologi untuk Desainer: Pengantar biologi yang relevan bagi desainer. Penelitian tentang bagaimana organisme dan ekosistem alam memecahkan masalah.Explore
Studi Kasus dan Contoh Aplikasi Biomimikri Analisis studi kasus dari berbagai pihak yang telah berhasil mengimplementasikan biomimikri. Aplikasi biomimikri dalam desain, arsitektur, produk industri, teknologi, kesehatan, dan lain-lain.Explore
Metodologi Biomimikri Pendekatan sistematis untuk mengamati, memahami, dan menerapkan prinsip-prinsip alam dalam desain. Langkah-langkah proses desain biomimikri: menemukan inspirasi alam, mengidentifikasi prinsip desain, dan mengimplementasikan dalam solusi desain.Explore
Observasi dan Inspirasi Alam: Kegiatan lapangan untuk mengamati alam dan mencari inspirasi desain.Express

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1(Factual Knowledge - Remember): Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang biologi yang relevan untuk desain, termasuk cara organisme dan ekosistem memecahkan masalah. (Describe 2.1)
CPMK 2(Conceptual Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu mengaplikasikan metodologi sistematis biomimikri dalam proses desain, termasuk menemukan inspirasi alam dan mengidentifikasi prinsip desain yang dapat diterapkan. (Experiment 2.3)
CPMK 3(Procedural Knowledge - Apply): Mahasiswa mampu melakukan observasi alam untuk mencari inspirasi desain dan mendokumentasikan temuan dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat. (Calculate 3.3)
CPMK 4(Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa dapat mengembangkan prototipe desain biomimikri, menguji efektivitasnya, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil pengujian. (Compose 3.6)
CPMK 5(Procedural Knowledge - Create): Mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, dan menyempurnakan proyek desain biomimikri yang nyata, baik secara individual maupun dalam kelompok. (Plan 2.6)
CPMK 6(Conceptual Knowledge - Evaluate): Mahasiswa mampu menyusun laporan dan presentasi proyek akhir secara profesional, serta menerima dan memberikan umpan balik konstruktif. (Conclude 3.5)

Metode Pembelajaran

  • Kombinasi ceramah, diskusi, observasi dan proyek berbasis kelompok

Modalitas Pembelajaran

  • Bauran, sinkron, dan asinkron

Metode Penilaian

  • Kehadiran: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%) Tugas Individu: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%). Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (20%). Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (25%). Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (25%).