pattern

Desain dan Emosi

Kode Mata Kuliah

DP3244

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

C

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Konsep Dasar Desain dan Emosi - Pengenalan teori desain emosional dan bagaimana emosi dapat mempengaruhi persepsi dan pengalaman pengguna terhadap produk.Explore
Psikologi Emosi dalam Desain - Studi tentang elemen psikologis yang mempengaruhi emosi pengguna dan cara mengimplementasikannya dalam desain produk.Explore
Metode Desain untuk Membangkitkan Emosi - Strategi dan metode desain yang dapat digunakan untuk membangkitkan emosi tertentu pada pengguna.Expert
Evaluasi dan Pengujian Desain Emosional - Metode evaluasi untuk mengukur dampak emosional dari desain produk.Express

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mampu mengidentifikasi masalah desain yang berkaitan dengan aspek emosional dan eksplorasi gagasan untuk solusi desain produk yang inovatif.
CPMK 2Mampu menerapkan teknik dan alat yang sesuai untuk merancang produk yang mempertimbangkan aspek emosional.
CPMK 3Mampu melakukan penelitian dan evaluasi untuk mengkaji dampak emosional dari desain produk secara sistematis.
CPMK 4Mampu merancang, menyusun, dan menyampaikan konsep dan solusi desain produk yang mempertimbangkan aspek emosional secara visual, verbal, dan tekstual.
CPMK 5Mampu mengintegrasikan pengetahuan tentang faktor manusia dan ergonomi dalam merancang produk yang berkaitan dengan emosi pengguna.

Metode Pembelajaran

  • Ceramah, diskusi, studi kasus, pembelajaran kelompok

Modalitas Pembelajaran

  • Sinkron, asinkron, bauran

Metode Penilaian

  • Ujian tengah semester Ujian akhir semester Tugas individual Tugas kelompok