pattern

Berpikir Desain dan Inovasi II

Kode Mata Kuliah

DS6103

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013Explore
Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010Explore
Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009Express
IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009Expert

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam pemikiran desain (design thinking) ke dalam studi kasus riset/proyek berbasis inovasi desain secara mandiri maupun berkelompok
CPMK 2Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil penelitian/proyek berbasis inovasi ke dalam sebuah artikel ilmiah
CPMK 3Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran desain (design thinking) secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk mencari sebuah solusi desain nyata
CPMK 4Mahasiswa mampu berkolaborasi dengan akedimisi lintas disiplin untuk menganalisa dan menawarkan solusi desain nyata dari studi kasus di sekitar mereka

Metode Pembelajaran

  • Ceramah, Diskusi, Collaborative Learning, Team-based Project, Studi Kasus

Modalitas Pembelajaran

  • Sinkronik, Hybrid

Metode Penilaian

  • - 10% Kehadiran - 30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi) - 20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi) - 40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi)