Berpikir Desain dan Inovasi II
Kode Mata Kuliah
DS6103
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013 | Explore |
Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010 | Explore |
Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009 | Express |
IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009 | Expert |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam pemikiran desain (design thinking) ke dalam studi kasus riset/proyek berbasis inovasi desain secara mandiri maupun berkelompok |
CPMK 2 | Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil penelitian/proyek berbasis inovasi ke dalam sebuah artikel ilmiah |
CPMK 3 | Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran desain (design thinking) secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif untuk mencari sebuah solusi desain nyata |
CPMK 4 | Mahasiswa mampu berkolaborasi dengan akedimisi lintas disiplin untuk menganalisa dan menawarkan solusi desain nyata dari studi kasus di sekitar mereka |
Metode Pembelajaran
- Ceramah, Diskusi, Collaborative Learning, Team-based Project, Studi Kasus
Modalitas Pembelajaran
- Sinkronik, Hybrid
Metode Penilaian
- - 10% Kehadiran - 30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi) - 20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi) - 40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi)