Metode Generatif dan Optimasi dalam Proses Perancangan
Kode Mata Kuliah
AR3213
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi | Explore |
BK 2.1 Tata Ruang dan Bentuk: bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif | Explore |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Memahami konsep, prinsip fundamental dan metode desain generatif dalam proses desain arsitektur. |
CPMK 2 | Memahami konsep, prinsip fundamental dan metode optimisasi dalam proses desain arsitektur. |
CPMK 3 | Mampu menggunakan metode generatif dan optimisasi dalam mewujudkan ruang dan bentuk kreatif dalam proses desain arsitektur. |
Metode Pembelajaran
- Pembelajaran di ruang komputer atau ruang yang memungkinkan mahasiswa menggunakan Laptop, yang meliputi kuliah ceramah tatap muka dan tutorial praktikum pemrograman, diskusi mengerjakan latihan program sederhana dan pembuatan tugas individual. Penugasan terstruktur untuk dapat mendemonstrasikan pemahaman dan kemampuan generatif serta optimasi dalam penciptaan komposisi geometri. Kegiatan mandiri berupa belajar online dari beberapa sumber untuk mengembangkan kemampuan abstraksi dan pemrograman generatif serta metode optimasi, mengenali masalah yang dapat diabstraksikan sebagai persoalan generatif dan optimasi komputasional.
Modalitas Pembelajaran
- Luring/ tatap muka dengan kombinasi daring synchronous maupun asynchronous menggunakan media Zoom dan Edunex. Diskusi kasus atau persoalan generative dan optimasi di kelas
Metode Penilaian
- Penilaian dilakukan berdasarkan kinerja mahasiswa di kelas serta pengerjaan tugas-tugas dengan distribusi sebagai berikut Keaktifan di kelas 10% Tugas 1: Generatif 45% Tugas 2: Optimasi 45%