Sanitasi dan Higiene Berkelanjutan
Kode Mata Kuliah
TL4103
Jumlah SKS
2
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Pengantar Sanitasi: Definisi, Kebijakan global SDGs, National Target | Explore |
Sanitasi Berkelanjutan: Kriteria Regulasi, Institusi dan Kebijakan | Explore |
Sanitasi Berkelanjutan: Kriteria Kesehatan dan Higiene | Explore |
Sanitasi Berkelanjutan:Kriteria Lingkungan dan Sumber Daya Alam | Explore |
Sanitasi Berkelanjutan:Kriteria Sosial Budaya | Explore |
Sanitasi Berkelanjutan:Kriteria Finansial dan Ekonomi | Explore |
Sanitasi Berkelanjutan: Kriteria Teknologi | Explore |
Model-model teknologi sanitasi tepat guna yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya dan Sirkularitas (Wastewater and solid waste Reuse, Nutrient and Energy Recovery, dll.) | Expert |
Sistem Sanitasi: Komponen-komponen sistem sanitasi, karakteristik air limbah domestik, Sanitation Flow. | Explore |
Sanitasi Pasca Bencana | Explore |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar perancangan sistem sanitasi berkelanjutan dan teknologi sanitasi tepat guna |
CPMK 2 | Kemampuan menjelaskan dan merencanakan sistem sanitasi berkelanjutan |
CPMK 3 | Kemampuan mengidentifikasi berbagai alternatif model teknologi sanitasi berkelanjutan |
CPMK 4 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah dengan memanfaatkan berbagai media interaksi dalam kerangka penyelesaian masalah sanitasi (Problem-solving). |
CPMK 5 | Kemampuan mengidentifikasi permasalahan sanitasi dan mengumpulkan fakta, data yang diperlukan dengan memanfaatkan berbagai media interaksi |
CPMK 6 | Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi permasalahan sanitasi aktual dan menerapkan alternatif model teknologi dalam upaya penyelesaian permasalahan sanitasi secara berkelanjutan. |
Metode Pembelajaran
- KBL, PBL, CBL
Modalitas Pembelajaran
- Luring, daring, sinkron, asinkron
Metode Penilaian
- Presentasi, Laporan