Gambar Bergerak dan Budaya Layar
Kode Mata Kuliah
SR2125
Jumlah SKS
3
Semester
Jenis Mata Kuliah
Bahan Kajian
Bahan Kajian | Kedalaman |
---|---|
Paska Singularitas (After Uniqueness) | Express |
Televisi, Video dan Budaya Layar | Express |
Menangkap Waktu dan Animasi | Expert |
Rekaman dan Mediatisasi | Expert |
Budaya Sinema dan Perluasannya | Express |
Film dalam Seni Rupa | Express |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah
Kode CPMK | Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
---|---|
CPMK 1 | Memahami praktik, sejarah dan teori seni tentang film dan video dalam seni rupa. |
CPMK 2 | Memahami medium gambar bergerak sebagai salah satu medium seni |
CPMK 3 | Memahami budaya layar, media massa dan sinema secara multi perspektif dan interdisiplin. |
CPMK 4 | Mengonsepsikan persoalan media serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial |
CPMK 5 | Membangun diskusi kritis melalui proyek studio yang berbasis gambar bergerak |
CPMK 6 | Menciptakan karya seni berbasis gambar bergerak secara kritis |
Metode Pembelajaran
- 1. Ceramah 2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 3. Simulasi 4. Demonstrasi 5. Studi kasus 6. Studi lapangan 7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok 8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas 9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. 10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. 11. Flipped classroom 12. Inquiry guided learning 13. Dll.
Modalitas Pembelajaran
- Tatap muka / Daring / Bauran Sinkron / Asinkron Individu / Kelompok Mandiri / Terbimbing
Metode Penilaian
- Kuis, Tugas, UTS, UAS