pattern

Gambar Bergerak dan Budaya Layar

Kode Mata Kuliah

SR2125

Jumlah SKS

3

Semester

Jenis Mata Kuliah

Bahan Kajian

Bahan KajianKedalaman
Paska Singularitas (After Uniqueness)Express
Televisi, Video dan Budaya LayarExpress
Menangkap Waktu dan AnimasiExpert
Rekaman dan MediatisasiExpert
Budaya Sinema dan PerluasannyaExpress
Film dalam Seni RupaExpress

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diemban mata kuliah

Kode CPMKUnsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1Memahami praktik, sejarah dan teori seni tentang film dan video dalam seni rupa.
CPMK 2Memahami medium gambar bergerak sebagai salah satu medium seni
CPMK 3Memahami budaya layar, media massa dan sinema secara multi perspektif dan interdisiplin.
CPMK 4Mengonsepsikan persoalan media serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial
CPMK 5Membangun diskusi kritis melalui proyek studio yang berbasis gambar bergerak
CPMK 6Menciptakan karya seni berbasis gambar bergerak secara kritis

Metode Pembelajaran

  • 1. Ceramah 2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 3. Simulasi 4. Demonstrasi 5. Studi kasus 6. Studi lapangan 7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok 8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas 9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. 10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut. 11. Flipped classroom 12. Inquiry guided learning 13. Dll.

Modalitas Pembelajaran

  • Tatap muka / Daring / Bauran Sinkron / Asinkron Individu / Kelompok Mandiri / Terbimbing

Metode Penilaian

  • Kuis, Tugas, UTS, UAS